6 Alasan Memilih Lab-Grown Diamond Sebagai Perhiasan.

News

Apakah kamu sedang mempersiapkan cincin berlian untuk pasanganmu? Tentunya kamu ingin memastikan dapat memberikan cincin tunangan yang terbaik. Atau mungkin kamu ingin memberli perhiasan berlian untuk kamu sendiri? Tetapi kamu bisa saja berpikir dua kali ketika ingin membeli berlian karena harganya yang mahal. Sebelum membeli berlian, kamu harus tau dulu dengan lab-grown diamond yang sudah menjadi populer beberapa tahun ini. Lab-grown diamond merupakan alternatif yang tepat untuk menggantikan berlian tambang (mined diamonds),dan tidak ada perbedaan dari segi tampilan dan komposisi antara berlian tambang dengan Lab-Grown. Kamu tidak perlu khawatir untuk memilih  lab-grown diamond sebagai berlian perhiasanmu, karena disini Ciella akan menjelaskan mengapa lab-grown diamond merupakan alternatif yang lebih baik dibandingkan berlian tambang.

 

1. Lab-grown diamond merupakan berlian berkualitas tinggi

 

Hal yang terpenting untuk kamu perhatikan pada perhiasanmu adalah kualitas. Biasanya kamu akan mencari perhiasan yang berkualitas dari segi potongan (cut), karat (carat), kejernihan (clarity) dan warna (color). Tentunya semakin tinggi kualitasnya, semakin mahal berliannya. Akan tetapi, banyak sekali berlian natural yang ditemukan memiliki kecacatan, seperti adanya lumpur atau tanah di dalamnya. Hal ini disebabkan oleh lingkungan tempat berlian-berlian natural itu tumbuh dan dihasilkan. Lain halnya dengan lab-grown diamond. Lab-grown diamond diciptakan di lingkungan yang lebih terkendali, sehingga lab-grown diamond cenderung sangat jarang memiliki kecacatan dan memiliki warna yang lebih putih dan lebih berkilau dibandingkan berlian tambang.

 

2. Lab-grown diamond memiliki harga yang terjangkau

 

Dengan kualitas berlian yang tinggi, tidak berarti bahwa kamu harus membeli perhiasan dengan harga yang sangat mahal. Kamu bisa menghemat biaya sampai 60% - 70% dengan memilih lab-grown diamond. Kamu juga bisa membeli berlian yang lebih besar atau berlian dengan kualitas yang lebih tinggi.

 

3. Solusi pencegahan masalah perburuhan tambang

 

Ketika kamu membeli sebuah berlian, mungkin kamu tidak akan menyadari bagaimana berlian tersebut bisa menjadi berlian indah yang kamu pakai. Tetapi seiring dengan munculnya berita mengenai para pekerja tambang berlian yang masih di bawah umur dan bagaimana pentingnya upaya penanganan isu kemanusiaan, mungkin kamu akan merasa bersalah ketika melihat perhiasanmu yang terbuat dari berlian natural. Sesuai dengan namanya yaitu lab-grown diamond, berlian ini tidak berasal dari hasil kerja keras para pekerja tambang yang bekerja secara berlebihan dengan gaji di bawah standar. Dengan memilih lab-grown diamond, kamu sudah menunjukkan bahwa kamu tidak mendukung masalah ketidakadilan yang terjadi pada proses penambangan berlian natural.

 

4. Berlian yang ramah lingkungan

 

Tidak hanya menimbulkan masalah kemanusiaan, tambang berlian juga memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Penambangan berlian juga termasuk di dalam kategori penggalian skala besar. Hal ini berarti bahwa pertambangan berlian membutuhkan bahan bakar fosil yang sangat banyak untuk mengisi alat berat penggalian. Selain itu, hutan dan juga lingkungan hidup para hewan harus dikorbankan untuk pertambangan berlian. Lab-grown diamond tidak menimbulkan dampak yang sangat buruk untuk lingkungan, karena laboratorium berlian saat ini sudah banyak menggunakan teknologi dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Kamu tidak perlu khawatir akan adanya tanaman, hewan ataupun manusia yang dirugikan pada proses pembuatannya.

 

5. Kamu bisa mendapatkan berlian yang berwarna

 

Seringkali kita memiliki selera yang unik. Meskipun perhiasan dengan berlian yang jernih sudah lama menjadi pilihan bagi banyak orang, tidak sedikit juga yang menginginkan perhiasan berliannya memiliki sedikit warna. Berlian berwarna merupakan salah satu cara untuk menambahkan keunikan pada perhiasanmu. Tetapi berlian natural yang berwarna sangat jarang sekali ditemukan, sehingga harganya menjadi sangat tinggi. Kamu tidak akan menemukan masalah tersebut jika membeli lab-grown diamond. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sudah banyak berlian berwarna yang diproduksi di laboratorium. Kamu bisa menemukan lab-grown diamond yang berwarna dengan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan harga berlian berwarna yang ditambang. Ditambah lagi, karena lab-grown diamond cenderung lebih bersih dibandingkan berlian tambang, warnanya akan terlihat lebih cerah dan stabil.

 

6. Lab-grown diamond juga merupakan berlian asli

 

Apakah kamu masih ragu untuk memilih lab-grown diamond? Banyak orang menginginkan berlian sebagai perhiasan pilihan mereka, terutama untuk cincin pertunangan, dan mereka merasa bahwa tidak ada pilihan lain yang lebih baik. Salah satu alasannya adalah cincin berlian terlihat romantis, dan memberikan cincin berlian seringkali dihubungkan sebagai salah satu cara tepat dan sempurna untuk menunjukkan rasa cinta ke pasangan kita. Selain itu, berlian sangatlah kuat. Berlian mampu bertahan lama dan masih bisa tetap terlihat jernih, cemerlang dan tidak lecet meskipun sudah dipakai bertahun-tahun. Batu permata lain tidak memiliki ketahanan dan kekuatan yang setara dengan berlian, dan mereka cenderung mudah retak dan berubah warna dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi seringkali orang keliru. Meskipun namanya “lab-grown” diamond, berlian yang dihasilkan dari laboratorium ini tetaplah berlian asli. Lab-grown diamond memiliki sifat fisik yang sama dengan berlian tambang, dan banyak ahli yang tidak mampu melihat perbedaannya.

 

 

Jika kamu mencari perhiasan berlian, mungkin kamu akan merasa khawatir dengan harganya yang mahal. Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Dengan memilih lab-grown diamond kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sama seperti membeli berlian natural.

 

Moissanite juga merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa menggantikan berlian natural. Cek koleksi cincin dengan Lab-grown dan moissanite kita disini.