Ini Cara Terbaik Untuk Memilih Bentuk Berlian yang Cocok di Jari Kamu!

News

Tidak semua berlian diciptakan dengan bentuk yang sama, dan tidak berarti juga bahwa setiap bentuk berlian cocok untuk dipakai di setiap jari. Kamu mungkin jatuh cinta kita melihat cincin tunangan milik sahabatmu. Tetapi bentuk dan gaya cincin yang sama belum tentu terlihat sama cantiknya ketika kamu coba di jari kamu sendiri. Berlian yang berbeda bisa terlihat berbeda di jari yang berbeda juga. Jika kamu ingin berbelanja cincin tunangan atau cincin berlian, tentunya kamu ingin memilih cincin yang terlihat cantik di jarimu, lagipula kamu pasti akan memakainya sepanjang waktu. Untuk membantu kamu menemukan cincin yang paling sesuai, kami ingin berbagi cara menentukan gaya dan bentuk berlian yang cocok untuk jari manis kamu.

 

Sebelum kita beralih ke bentuk dan gaya berlian terbaik untuk setiap jenis jari, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam memilih berlian yang tepat. Beberapa kriteria utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih bentuk dan gaya berlian yang sesuai untuk cincin tunanganmu meliputi:

 

1. Lebar dan panjang jari

 

Ketika memilih gaya dan bentuk berlian, kamu perlu melihat terlebih dahulu panjang, lebar dan ukuran keseluruhan dari jari kamu. Dengan mengetahui ukuran keseluruhan jari, kamu akan lebih mudah untuk menentukan bentuk dan gaya berlian yang akan terlihat seimbang dan proporsional di jari kamu.

 

2. Ukuran batu

 

Ukuran batu berlian juga berperan dalam menentukan seberapa bagus bentuk atau gaya berlian tertentu akan terlihat di jari anda. Semakin besar batu berliannya, akan semakin jelas terlihat apabila proporsi, keseimbangan maupun bentuk batu berlian yang dipakai terlihat kurang menarik di jari kamu.

 

3. Preferensi / selera pribadi

 

Meskipun kamu sudah mengetahui bentuk atau gaya berlian yang cocok dengan jari kamu, jika tidak sesuai dengan selera atau gaya pribadi kamu, tentunya kamu tidak akan merasa senang untuk memakainya. Pastikan untuk memilih bentuk dan gaya berlian yang terasa seperti cerminan selera pribadi kamu.

 

Bentuk Berlian Terbaik Untuk Setiap Jenis Jari

 

Jika kamu menginginkan berlian universal yang terlihat bagus di setiap jari, cobalah berlian  berbentuk bundar yang cemerlang. Berlian bundar adalah bentuk berlian yang paling klasik di pasaran. Alasan berlian bundar disebut bentuk yang klasik adalah karena bentuk batunya yang memberikan bobot terbanyak di bagian atas cincinnya, dan memakan banyak tempat di jari manis kamu. Selain itu, karena bentuknya yang bulat, kamu akan mendapatkan tampilan yang terlihat proporsional terlepas dari bentuk dan ukuran jari yang kamu punya.

 

Bentuk Berlian Terbaik Untuk Tangan Kecil atau Jari Pendek

 

Proporsi adalah hal terpenting untuk kamu yang memiliki tangan kecil. Beruntung untuk kamu yang memiliki tangan yang mungil atau jari yang pendek, karena tangan mungil atau jari pendek biasanya terlihat paling baik dengan berlian berukuran lebih kecil, sehingga kamu juga bisa menghemat anggaran ketika membeli cincin tunangan. Kamu bisa mencoba memilih cincin berbentuk oval, pear atau marquise. Bentuk berlian oval, pear dan marquise akan terlihat lebih menarik dengan jenis jari yang pendek, karena bentuk berlian ini dapat menciptakan ilusi jari yang terlihat lebih panjang dan ramping. Bentuk-bentuk berlian ini juga memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada bentuk berlian yang lain. Berlian ini akan terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan berlian lain yang memiliki karat yang sama. Selain itu kamu juga bisa memilih lingkar cincin yang lebih tipis untuk kamu yang memiliki tangan mungil. Lingkar cincin yang lebar akan terlihat canggung di tangan yang kecil.

Bentuk Berlian Terbaik Untuk Jari Lebar

 

Memiliki jari yang lebar memungkinkan kamu untuk memilih cincin yang lebih besar. Bentuk berlian yang mewah seperti oval, berlian berbentuk marquise, potongan radiant, atau potongan emerald dapat menciptakan ilusi tangan yang tampak lebih panjang dan lebih ramping. Kamu juga bisa mempertimbangkan menempatkan tiga batu berlian di cincin kamu, karena cincin tiga batu akan terlihat menarik untuk kamu yang berjari lebar. Cincin dua batu juga merupakan pilihan yang bagus. Lingkar cincin yang lebar akan terlihat lebih cocok untuk jari yang lebar. Meskipun lingkar cincin yang tipis sedang tren, lingkar cincin yang tipis dapat membuat tangan kamu terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.

 

Bentuk Berlian Terbaik untuk Jari Panjang atau Tangan Kurus

 

Bentuk berlian oval atau pear cocok untuk kamu yang memiliki jari panjang dan kurus, karena bentuk berlian ini memanjang sehingga akan terlihat serasi dengan panjang jari kamu. Bentuk berlian persegi seperti potongan radiant atau emerald tidak selalu terlihat paling bagus di jari yang panjang dan kurus. Bentuknya justru akan membuat jari kamu terlihat tidak proporsional. Lingkar cincin yang lebih lebar atau lingkar cincin dengan dua baris berlian juga cocok untuk jari yang panjang. Selain itu lingkar cincin split shank juga bisa menjadi salah satu alternatif desain untuk cincin kamu.

 

 

Saat kamu membeli cincin tunangan, pilihlah cincin yang sesuai dengan selera dan keinginanmu. Panduan ini hanya saran dan rekomendasi untuk kamu yang ingin membeli cincin tunangan, tetapi tidak tahu harus memulai darimana. Masih butuh bantuan untuk memilih cincin yang paling tepat untuk kamu? Segera hubungi tim Ciella & Co. hari ini!